Virus Corona Disebut Bisa Menular Lewat Mata?

Spread the love





WUHAN, KOMPAS.TV – Virus corona pertama kali diidentifikasi berasal dari kota Wuhan, China. Virus ini adalah penyakit zoonosis atau yang ditularkan dari hewan ke manusia. Virus corona yang menggegerkan dunia tersebut juga disebut bisa menular lewat mata. Dilansir dari Kompas.com, hal tersebut diungkapkan oleh seorang pakar medis yang berasal dari China, Wang Guangfa.

Wang merupakan seorang pakar pernapasan yang pernah membantu menanggulangi wabah Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS) pada 2003 silam. Kendati demikian, ternyata Wang juga terkena virus corona saat mengunjungi Wuhan dua pekan yang lalu.

Wang meyakini bahwa dirinya terkena virus tersebut melalui penularan di mata lantaran ia tidak menggunakan pelindung yang lengkap. Ketika itu, Wang sebenarnya telah menggunakan masker N95 serta pakaian pelindung, tetapi lupa memakai pelindung mata.

Check this health tip:  കൊറോണ: മരണസംഖ്യ 41, മരിച്ചവരില്‍ ഡോക്ടറും; 237 പേരുടെ നില ഗുരുതരം | Corona Virus report

Sepulangnya dari Wuhan, ia menjelaskan di mata bagian kirinya telah mendertita konjungtivitis. Lalu, tiga jam setelahnya, ia mengaku demam dan mengalami radang selaput lendir parah. Wang pun mengira itu adalah flu biasa.

Ia memutuskan untuk mencoba tes virus corona setelah pengobatan flu tidak berhasil, di mana hasilnya adalah positif. Wang kemudian mengajukan asumsi, bahwa salah satu penularan patogen yang sudah menyebar hingga 12 negara itu adalah melalui mata.

#Corona #VirusCorona #Wuhan


Spread the love